Sabtu, 16 Januari 2010

KERAJINAN dari BAMBU

KERAJINAN TANGAN YANG MUDAH DIBUAT DAN MENGHASILKAN CEPAT MENGHASILKAN UANG


DIPEDESAAN KHUSUSNYA


Anyaman besek dari Pohon Bambu


Kerajinan ini banyal terdapat di pedesaan, yang daerahnya banyak terdapat pohon bambu.
Kerajinan tangan ini biasa disebut dengan anyaman besek.
Anyaman ini terbuat dari pohon bambu yang sudah dipotong-potong menjadi potongan – potongan bamboo yang tipis –tipis dan sudah disesuaikan ukurannya. Ukuran potongan – potongan bambu tersebut biasanya sesuai dengan ukuran besek yang ingin dibuat.
Bentuk dari besek into sendiri bermacam - macam. Ada yang berbentuk persegi, persegi panjang , ada juga yang dibentuk sesuai keinginan si pembuat, semacam tempat sendok, tempat tisu dan masih banyak lagi kreasi lainnya.
Waktu pembuatannnya sebentar low…


Setelah bambu itu dipotong – potong tipis lalu bambu dijemir sampai kering , setelah itu dianyam dihiasi jika ingin lebih cantik lagi, kemudian besek dirapikan dan siap dijual.
Pembuatan Kerajinan ini memang cukup melelahkan, akan tetapi kita tidak perlu banyak modal untuk melakukan usaha ini, kita hanya membutuhkan ketrampilan yang cukup saja, secara langsungnya asalkan kita bisa menganyam kita pasti bisa menghasilkan uang.


Penjualan dari besek- besek ini biasanya dijual ke pasar tradisional. Ada juga dari pihak tersendiri yang memesannya . contohnya pedagang makanan kecil biasanya membutuhkan besek sebagai tempat untuk membungkus makanan yang mereka produksi setiap harinya.
Harg dari besek ini memang bisa dikatakan murah 1 besek yang jenisnya biasa harganya hanya berkisar antara Rp 300,00 sampai dengan Rp 500,00 saja, Relatif murah kan?????????


Menurut pengalaman yang saya dapat dari pengrajin besek itu sendiri mengatakan
“pekerjaan ini mudah dilakukan apalagi kalau kita cepat dalam membuatnya pasti kita akan dapat banyak keuntungan yang lebih banyak”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar