Kamis, 21 Januari 2010

Pilih yang asli yaa

Pring petuk asli vs kerajinan tangan
Andy Dharma
| 7 Januari 2010 |

Sewaktu di jogya saya pernah diajak teman untuk melihat suatu tempat pertemuan dalam rangka penjuaalan pring petuk atau bambu yang ketemu ruas yang saling berhadapan yang katanya banyak menpunyai khasiat untuk pengobatan maupun di simpan di tempat sarang burung walet agar burung walet mau masuk dan betah di gedung walet itu.

Teryata disana telah datang seorang pengusaha dari jakarta dan menbawa seorang pengacara dan tester yang teryata adalah teman yang mengajak saya untuk melihat acara tersebut. Perserta yang datang menbawa pring petuk cukup banyak sekitar 70 orang dan ada yang menbawa 3 sampai 5 pring petuk ,dengan harapan akan dibeli pengusaha itu minimal dari harga 100juta sampai 1milyar rupiah tergantung kualitas pring petuk tersebut.

Dan setelah mendata perserta dan pring petuknya mulailah acara pengujian keaslian pring petuk tersebut satu persatu ,dan temankupun mulai menujukan aksinya mengambil satu pring petuk tersebut dan ketika dipegang dan ia tarik ruas bambu yang saling bertemu itu dan teryata prak patah dan disambungan bambu tersebut ada paku untuk menyanbung bambu tersebut seakan itu bambu ketemu ruas teryata hasil kerajinan tangan, ada juga perserta yang protes dan mengatakan bahwa pring petuknya adalah warisan kakeknya turun temurun jadi tak munkin palsu ,tapi begitu dites teryata juga hasil kerajinan tangan saja dan lansung testernya bilang “teryata kamu di bohongin kakekmu” dan perserta lainpun tertawa ,dan iapun lansung pergi .

sebelumnya pengacara pengusaha itu sudah mengumunkan tak ada yang boleh menuntut apabila pring petuknya patah karena palsu atau malah akan di tuntut balik karena diangap coba menipu.

Dan setelah tes pertama dari seratusan pring petuk yang di coba teryata hanya 5 yang lulus tes ,dan lansung diadakan tes kedua yaitu dengan cara memasukan pring tersebut ke air yang sedang mendidih dan ketika di celupkan bambu itu anehnya ,tangan tester dimasukan kedalam air mendidih itu tak terasa panas sedikitpun.Tapi begitu pring petuk kerajinan tangan yang super halus dan lolos pada tes pertama ketika tangan mau dimasukan sudah terasa hawa panasnya ,dan ketika bambu itu dikeluarkan kemudian ditarik lagi ‘krak bambu itupun lepas dan teryata disambung dengan lem yang super kuat.

Dan akhirnya hanya 3 pring petuk yang asli dan lansung terjadi transaksi dan dibeli oleh pengusaha tersebut dengan harga sekitar 150juta sampai 450juta sesuai dengan kualitas pring petuk tersebut.

inilah pertama kali saya melihat cara tes pring petuk dan pertarungan antara pring petuk asli dari alam dan pring petuk hasil kerajinan tangan.

Jadi kalu anda suatu hari ditawari pring petuk waspadalah karena kebanyakan adalah pring petuk hasil kerajinan tangan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar